Thursday, January 20, 2011

HIPERSENSITIVITAS SALURAN CERNA: Kenali tanda-tandanya SEJAK LAHIR...

Oleh: Yunita Wulandari on Friday, January 14, 2011 at 11:13pm

"Even the best food can make your children sick"
" Makanan paling bergizi pun, pada anak tertentu, apabila dipaksakan dapat mengganggu tumbuh-kembang, perilaku dan perjalanan penyakit alergi dikemudian hari"

- dr. widodo judarwanto-

Sebulan terakhir ini saya dibuat resah, sedih, bingung bahkan sampai kalut menghadapi kondisi kesehatan nafi' yang melemah. Selama hampir 2 tahun kehidupannya, belum ada penyakit serius yang menghinggapi badan mungilnya. hanya batuk pilek demam biasa yang bisa sembuh tanpa obat2an kimia (cukup dengan home treatment: uap minyak kayu putih, transfer panas skin to skin, pemberian cairan yang cukup, sari kurma dan madu). Memasuki bulan desember 2010, kekebalan tubuh nafi' seolah menguap. Demam tinggi sampai 39,6 DC, batuk2 berdahak samoai memicu mntah, hidung meler, infeksi jamur dan malas makan minum sukses mengantarnya mondok di RS. Saya pikir, urusan selesai stelah diopname. ternyata tidak. Batuk grok-grok disertai demam muncul lagi. saya langsung curiga dia kena gangguan paru, ditambah badannya makin mengurus dari hari ke hari (dah masuk area di bawah garis merah, makin stress lah saya). Empat dokter saya datangi dengan keluhan yang sama, batuk grok-grok, muntah demam dan badan yang kian kurus. tidak ada yang memberi tahu saya kenapa nafi', mereka hanya memberi resep utk meredakan demam dan batuk, dengan antibiotika senjata andalan. dokter ke 3 melakukn tes mantoux yang hasilnya negatif, dokter ke 4 menyuruh melakukan tes darah dan rontgent tanpa mendengar keluhan saya secara meluruh, hanya kembali meresepkan, yang tidak saya tebus. akhirnya, saya memutuskan utk mencari dokter lain yang saya harap bisa memberitahu apa penyebab kurusnya badan nafi', sampailah saya ke dokter widodo sang ahli alergi anak, berkat informasi dari Petty mama adit. Tibalah saya dikliniknya, dan saya di buat takjub dengan penjelasannya, seandainya semua dokter seperti beliau, pasti banyak ibu yang tercerahkan dan ga sembarangan kasih antibiotik. dan inilah hasil diskusi dan pencerahan dari dokter widodo tentang "penyakit" Nafi'. Saya masuk dengan serentetan kisah sakitnya nafi'. selesai mendengarkan dokter bertanya " wajah nafi' mirip papanya atau mamanya?" " abinya dok, kenapa?" " papanya punya sakit asma? sering sesak? badannya kurus,?" "iya dok, hubngannya?" " anak yang wajahnya mirip dengan salah satu ortunya, akan mengikuti riwayat penyakit orang tua yang wajahnya mirip itu, dalam hal ini, nafi' anak papanya..."
dan menglirlah analisa2 yang tepat dengan kondisi nafi' dan abinya. subhanallah...ketahuan sekarang apa penyakit nafi'. saluran cernanya amat sensitif, dan sayangnya saya taunya terlambat. Padahal, ini penyakit turunan yang tanda2nya sudah tampak sejak lahir, dan saya sama sekali tidak menyangka. berikut adalah tanda2 anak dengan saluran cerna yang sensitif dilihat dari gangguan pada fisik dan perilakunya ( yang saya tulis adalah tanda2 yang dialami nafi'):
1. KULIT: sering timbul bintik2 merah di pipi, telinga, area yg tertutup popok. bekas suntikan BCG bengkak dan bernanah, kulit bagian kaki kering.
2. SALURAN CERNA: sering muntah/gumoh, kembung, cegukan, buang angin keras dan sering, feses hijau, hitam bau menusuk, sering ngeden, Bibir kering, lidah sering timbul putih.
3. SALURAN NAFAS: nafas grok-grok, kadang disertai batuk ringan. Batuk pilek > 2minggu,
4. HIDUNG: bersin dan gatal (sering menggosok hidung krn gatal) terutama dimalam dan pagi hari, kepala miring ke satu sisi karena satu sisi hidung buntu, shingga kepala peyang
5. MATA: berair atau belekan di satu sisi (tidak perlu diberi antibiotik), sering menggosok mata karena gatal

GANGGUAN PERILAKU:
1. Gerakan MOTORIK Berlebihan: mata sering melihat ke arah atas. tangan dan kaki bergerak terus tidak mau dibedong/diselimuti,senang posisi berdiri jika digendong (waktu bayi), suka menghentakkan kepala kebelakang sehingga sering kejedot (dulu sempet heran kenapa nafi' hobi bentur2in kepala ke badan org yang mangku dia dan sering banget jatuh dan kejedot tembok atau lantai)
2. GANGGUAN TIDUR MALAM: tidur bolak balik dari ujung ke ujung, terbangun duduk saat tidur.
3. AGRESIF MENINGKAT: Sering geregetan (gemes), suka mukul kepala atau muka sendiri/orang lain, mencubit, menjambak, menjilat, menggigit (nafi' ngalamin semua ini)
4. GANGGUAN KONSENTRASI: Cepat bosan akan suatu aktivitas, tidak bisa lama mengerjakan sesuatu. ada tanda2 lain yang nafi' tidak mengalami, tapi mungkin perlu diketahui: TIDAK TELITI, pelupa, sering kehilangan barang (yang ini mah abinya banget). Dibalik kekurangan konsentrasi ini , SEBENARNYA ANAK SANGAT CERDAS (langsung legaaaa dengernya. saat jelasin ini, si dokter langsung nebak, kalo abinya selalu rangking waktu sekolah dan dibenarkan sama eyang uti (ibunya si abi) sambi mesem2).
5. EMOSI TINGGI: keras kepala, suka membantah, mudah marah/tantrum (kalo yang ini lebih mirip sayah)
6. GANGGUAN KESEIMBANGAN MOTORIK DAN KOORDINASI: terlambat tengkurep bolak-balik, duduk, merangkak, dan berjalan. Jalan terburu2 dan sering nabrak (ketauan deh kenapa nafi' serba telat dan sering keserimpet kalo lagi jalan)
7. GANGGUAN SENSORIS: Sensitif sama suara keras, cahaya (akhirnya tau knp langsung bersin kl kena matahari si nafi'), jalannya jinjit, telapak kakinya datar, mudah geli dan mudah jijik (akhirnyaa, tau juga knp ni bocah ga mau kotor2an, fiuuuuhhh).
8. GANGGUAN ORAL MOTOR: TELAT BICARA (terjawab jugaaaa....tp skrg dah mulai jelas kok ngomongnya), bicara buru2 (nafsu banget kl lg cerita), mengalami gangguan menelan makanan berserat seperti daging sapi, sayur, dan nasi (akhirnyaaaa tau juga kenapa hobi ngemuuuuttt....piuuuuh lagi), disertai keterlambatan pertumbuhan gigi (pantes umur 23 bulan gigi baru 11)
9. SUSUNAN SARAF PUSAT: sering sakit kepala, migrain (kalo ini si abi yang ngalamin)

BEBERAPA GANGGUAN DIATAS JUGA DIALAMI SAMA ABINYA SAAT KECIL HINGGA KINI.

NAH, kalo melihat gangguan perilaku diatas, saya ga sampe mikir kl itu adalah karena alergi makanan, saya pikir beberapa gangguan perilaku itu adalah hal normal pada bayi, ternyata untuk kasus nafi' karena ada masalah sama pencernaannya. Masalah ini ditandai juga dengan sulitnya Berat badan nafi' untuk bertambah bahkan sejak umur sebulan (dilihat dari kenaikan BB yang ga sampe 1 kg saat umur sebulan). wew, saya pikir alergi makanan cuma dilihat dari ruam2 or diare ternyata semua "keanehan" nafi' dikarenakan gangguan pencernaan. dan selama 1,5 tahun sya justru "mencekoki" nafi' dengan makanan yang harusnya dipantang.
Yah, siapa yang sampe mikir bahwa sayuran, buah, ayam,keju dll yang kandungan gizinya baik justru "meracuni" nafi'. padahal setiap saya mengenalkan makanan baru saya selalu melakukan uji coba 4 hari berturut2 utk lihat reaksi alergi (yang umum) berupa ruam or diare (krn ga tau lg reaksi alergi selain itu).
Saat saya memberitahukan hal ini kepada beberapa orang, ada yang berkata " makanya jangan kelewat higienis, jangan kelewat teoritis". Sigh... SALAHKAH seorang ibu yang mau memberi makanan terbaik untuk anaknya? Saya hanya berupaya memberi makanan yang sehat dan bersih. Kalau saya tau sejak awal makanan2 itu memicu alergi, sudah pasti saya jauhi. Ini hanya sekedar intermezo, krn dari komentar di atas berkesan bahwa, anak it ga perlu makanan terlalu sehat dan bersih, malah bikin lemah. dan itu salah besar. kita tetap harus memberikan yang terbaik. memang sekali2 anak perlu kotor-kotoran, tp buat saya, kotor2an itu bukan dari makanan. Saya kasih nafi' kesempatan main dengan kuman lewat jalan lain, lewat mainannya dan dunia luarnya. Dan untuk mencegah supaya kuman yang dia kenal lewat permainannya itu ga iseng sama dia, saya kasih pertahanan dari dalam, hanya mungkin pertahanan yang saya berikan tidak cocok untuk tubuhnya.
FINE, skrg saya sudah tau penyebab kurusnya badan nafi' dan saatnya berjuang memberi nafi' yang terbaik...
untuk semua bunda, ibu, mama: tetap berikan yang terbaik, jangan takut salah, terus cari informasi, jangan pernah merasa cukup dengan perkataan satu orang dokter (saran dokter widodo: kalau anak ibu di judge punya penyakit flek oleh seorang dokter, segera cari second opinion. kl saya malah sampe fourth opinions.)

ohya, ini daftar makanan yang harus dipantang buat yang punya pencernaan sensitif:
Coklat, kacang2an (kecuali kedelai), seafood, brokoli, labu, bayam merah, tomat, semangka, melon, jeruk, durian, anggur, strawberry, nangka, pisang,nanas, leci, lengkeng, duku,mangga,jambu biji, belimbing,Keju, butter, beras ketan, gula merah, makaroni, mi telor, jagung, sosis, kecap, tauco, saos tiram, saos tomat, minuman soda, susu fermentasi, kerupuk ikan/udang. terasi, ayam, telur, bebek, burung, agar2 berwarna, bubur bayi instan, oatmeal, sarden.

WARNING: BUAT IBU MENYUSUI, jika anak alergi, IBU JUGA HARUS MEMANTANG MAKANAN DIATAS.

SALAM SEHAT

thanks to Petty dan dokter Widodo, juga ABI yang terus dukung saya cari jawaban akan penyakit Nafi'. NAFI' memang aNAknya suFI ;p...

11 comments:

  1. sepertinya anak saya mengalami hal yang sama,kalo boleh tau dokter widodo ini yang alamatnya dimana?karena didekat tempat tinggal saa juga ada yang namanya dokter widodo
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. bun... bolehkah saya minta contac dr widdodo?
    sepertinya anak saya mengalami gejala yg sama.

    terima kasih

    ReplyDelete
  3. Bu, kalo boleh tau dokter ahli alerginya praktek dimana ya. Karena saya liat dari yang saya baca diatas mirip dengan anak saya. Terima Kasih Sebelumnya.

    ReplyDelete
  4. mba aq mau nanya,,, anakku umur 2,5 bulan,, ciri2nya sama, bekas suntikan BCG bengkak(tp tdk bernanah),sering muntah/gumoh, kembung, cegukan, buang angin keras dan sering, feses hijau, hitam bau menusuk, sering ngeden, Bibir kering, lidah sering timbul putih.kepala miring ke satu sisi, sering menggosok mata dan hidung karena gatal, Azka juga sering lihat ke arah atas terus,,,

    apa dia juga kena hipersensitifitas?? cara nyembuhinnya gimana ya mba? barangkali mba tau info dari dokter ahli,, thx b4,,
    boleh minta infoi dikirim email donald.loply@gmail.com... thx bundA Rasyad

    -bunda Azka-

    ReplyDelete
  5. anak saya jg mengalami itu, unt lebih jelsnya minta no contacnya bu..thanks b4

    ReplyDelete
  6. Yeni Daniati;
    mba mohon infox, krna anak saya jg ciri2x sama persis kya diatas, ditambah lg kadang klo nangis mukax sampe memerah dan kakix suka diluruskan kdepan kya kejang gitu,mohon infox klo ga keberatan lwat e'mail aj, ini alamat e'mailx : yens.librgirls@gmail.com
    maksih sbelumx ya mba :-)

    ReplyDelete
  7. oh iya mba umur anak saya 3 bln, maksih mba...

    ReplyDelete
  8. Boleh tau alamat prakteknya mba? Thx before

    ReplyDelete
  9. Mbak boleh minta alamatnya dokter widodo dimana? Soalnya anak sy jg ngalamin yg seperti anaknya mbak.

    ReplyDelete
  10. bisa minta alamatnya bu, anak saya usia 4 bulan punya ciri saya, dan kebetulan saya ada historical asma,

    ReplyDelete
  11. Ibu-ibu semua, maaf sekali lama sekali responnya ya. Setahu saya dr. Widodo itu prakteknya di RS Bunda Menteng. Monggo bisa hubungi Telp +62.21.31922005 ext ( 5110, 5111,5119,5151). Mohon maaf sekali lagi ya. Semoga semua anak-anak kita sehat selalu ya. Lots of Love.

    ReplyDelete