Tuesday, January 25, 2011

Asli atau Palsu: Cara Membedakan Make Up 2

OK, melanjutkan postingan sebelumnya yang terpotong karena halamannya ga muat. OMG, baru tahu kalau blogspot pendek sekali ya halamannya. Atau servernya yang lagi lama ya. Anyway, ini terusannya ya. 

3. Bila menjual Eyeshadow Satuan, di gambarnya hanya tertera NOMOR bukan KATA

Mungkin para seller akan berkata, ini hanya untuk mempermudah saja. satu kata, BOHONG! Buka link ini untuk melihat warna warna dari MAC yang asli. Mereka SELALU menyebut warna mereka dengan kata-kata eksotik. Misal untuk warna ungu ada = Purple Haze, Satellite Dreams, Creme de Violet


Hal tersebut juga TIDAK HANYA BERLAKU UNTUK EYESHADOW, tapi juga lipstick dan lipgloss. Lipstick MAC bernama! Seperti Speed Dial, Lady danger, dll. BUKAN NOMOR!!

4. Eyeliner memiliki TUTUP YANG TIDAK LAYAK

Tentunya untuk Brand setaraf MAC dengan harga yang luar biasa mahal, tidak mungkin hanya  memberikan anda tutup plastik bening. Eyeliner MAC yang asli tutupnya berwarna hitam, dan ada tulisan MAC.

5. Nomor Foundation Tidak Sesuai!

Apakah anda semua tahu kalau semakin tinggi nomornya, semakin gelap warna foundationnya?

Dengan melihat gambar foundation foundation tersebut, gelap dan terang foundation itu teracak-acak, TIDAK ADA NC20 SEGELAP ITU ataupun NC50 SETERANG ITU! Suatu hal yang tidak mungkin kalau NC 20 lebih gelap daripada NC30. Karena tentunya semakin rendah nomor foundation, semakin terang pula warnanya.

Foto di atas hanyalah sedikit dari sebagian foto yang memakai jasa NC20 dan sebagainya [menggunakan hurup sebagai kode di depannya] Kebanyakan, mereka juga menggunakan jasa nomor saja seperti 01, 02, dll. MAC asli tidak mungkin menggunakan nomor-nomor seperti itu tanpa adanya kode yang benar. untuk mengecek kode keaslian lebih baik langsung dicek di website MAC http://www.maccosmetics.com/product/spp.tmpl?CATEGORY_ID=CAT158&PRODUCT_ID=471

Untuk beberapa barang yang lain, cukup hanya dengan menggunakan beberapa pengetahuan di atas tentunya akan mengetahui bahwa yang dijual adalah palsu. Cukup dengan hanya tahu bahwa salah satu produk yang dijual adalah PALSU, tentunya seller itu sudah tidak dapat dipercaya lagi karena tentunya produk lain yang ia jual juga PALSU. Karena bila ia sudah menipu para customer 1x, tentunya dia akan menipu lagi.

Seringkali saya menemukan penjual palsu seperti ini, dan saya mengatakan hal-hal tsb ini kepada mereka. Ada yang tidak tahu bahwa mreka menjual barang palsu dan langsung menstopnya [seller yang bertanggung jawab], dan ada yang malah mencaci maki saya dengan kata-kata annoying dan berkata “ini bukan urusan lo, tolong urus urusan lo sndiri aja”. Wah wah, sebegitu pentingnya kah uang sehingga menipu orang lain? Memang ini bukan urusan saya, tapi saya cukup teramat prihatin dengan kondisi kondisi ini. Saya mengepos ini bukan untuk apa-apa melainkan hanya ingin membagi pengetahuan saya yang terbatas ini kepada para pengguna kosmetik terkemuka lainnya.  tentunya bila anda merasa adanya tambahan cara mengetahui kosmetik palsu tanpa perlu membelinya, anda bisa komen di post ini dan membaginya dengan kami semua..

Gambar-gambar produk palsu di atas adalah gambar yang dijual oleh seller cina kenalan saya. Ia menjual itu secara worldwide, tapi tentunya saya tidak membeli produk2 MAC darinya. selain MAC, ia juga menjual benefit, lancome, dll. so, BEWARE!

Last but not least, jangan kira bahwa para seller itu sebodoh yang kita bayangkan. Dengan harga modal misalnya 50ribu, seller utama akan menjual dengan harga berkisar antara 70-100ribu dengan berkata itu harga reseller kepada para pembeli yang akan menjual lagi. Para reseller ini akan menjual kembali barang-barang palsu ini dengan menaikkan menjadi 100-300ribu agar terkesan HANYA BERBEDA SEDIKIT DENGAN HARGA ASLINYA, serta untuk MENDAPAT UNTUNG YANG BANYAK. Para pembeli yang tentunya tahu bahwa harga MAC itu mahal, dan berbeda sedikit dengan harga toko. misal diskon hanya 10-20%, akan merasa bahwa itu asli sebab hanya MAC palsu yang murah.

PEMIKIRAN ITU SALAH!

Sebab mereka sudah mengetahui jalan pikiran anda. Mereka akan menaikkan harga agar anda berpikir bahwa produk mereka itu ASLI!

Maka dari itu, berhati-hatilah untuk membeli. Tidak perlu bertanya pula kepada sellernya apakah asli atau tidak bila anda sudah mengetahui kenyataan ini, sebab tidak ada maling yang mengaku! Bila anda merasa aware juga dengan keadaan ini, silahkan sebarkan link blog saya kepada teman-teman anda agar teman-teman anda tidak akan ikut tertipu dengan para seller ini.


Dan bila ada kesalahan dalam pengamatan saya, saya meminta maaf karena disini saya hanya membagi pengetahuan yang saya rangkumkan dari pengetahuan saya dan beberapa teman saya yang juga turut prihatin dan mengetahui kenyataan ini. 

Salam hangat,
Stella Lee

2 comments:

  1. tmenq kyanya jual tpi palsu sis... gag berani aq bilangnya.. kalau toko mac yang asli dimana sis?

    ReplyDelete
  2. thanks bgt buat infonya...nice share
    ada seller yg q liat dagangannya...
    untuk eyeshadow yg pallet 10 warna tu serinya pke nomor sist..ASLI ga ya??
    tp eyebrow nya pake tutup item buan bening
    hrganya ga dipublish...jd ragu mau skedar nanya harga dulu..

    ReplyDelete