Tuesday, January 25, 2011

Asli atau Palsu: Cara Membedakan Make Up 1

Tulisan ini merupakan tulisan Stella Lee yang intinya mengkhawatirkan perdagangan bebas make up high end palsu di Indonesia. Untuk membaca tulisan Stella yang lain, silahkan klik di sini. Semua foto di sini saya ambil langsung dari blognya, kecuali foto eye shadow yang satuan. Stella telah menyetujui respost dari tulisannya ini karena kepeduliannya terhadap wanita Indonesia yang rentan terkena dampak pemalsuan ini. two thumbs up for her. Masih remaja, tapi pengetahuannya tentang dunia per-make up-an udah suhu lah dibandingkan dengan saya yang pake lipstick aja males (walaupun punya koleksi PAC yang lumayan lengkap dan selalu dibawa kemana-mana itu *hehe tetep ngeles*). Ada beberapa grammer tulisan yang saya edit demi kelancaran membaca ya (for God's shake, she's only a teenager ;D). OK, keep on reading ya...

Saya cukup heran dengan kehadiran banyaknya MAC palsu di indonesia. Bukan Hanya MAC., Benefit, Dior, Lancome, dll pun sudah banyak. Bisa bertanya pada saya dimana anda ingin membelinya. saya bisa menyediakannya dengan harga yang teramat murah! Walau dulu memang sudah banyak beredar, tapi tidak sepesat sekarang. Apalagi banyak penjual tidak bertanggung jawab yang mengatakan dengan keyakinan yang luar biasa bahwa produk mereka asli dan memasang harga yang sangat tinggi untuk mengelabui customer yang tidak paham mengenai hal ini.

Saya, adalah seorang penjual, seorang importir make up baik dari Cina, Korea, Jepang, maupun USA dan sedikit banyak cukup tahu mengenai keaslian suatu barang. Mungkin lebih baik dibandingkan oleh orang awam kebanyakan. Saya pun memiliki teman2 supplier dari Cina yang menjual barang-barang tersebut kepada saya. Tapi selama saya tidak menyenangi memakai maka saya tidak akan menjual barang-barang tsb. 

Saya selama ini cukup hanya dengan mengetahui dan membagi rahasia tersebut kepada beberapa teman saja
Tetapi pada post kali ini saya akan membahas sedikit banyak cara untuk melihat apakah produk itu asli atau bukan tanpa membelinya. Karena tentunya bagi orang yang sudah pernah membeli produk MAC atau brand-brand terkemuka lainnya, dengan membelinya merupakan cara terbaik untuk mengetes warna dan kadar long-lasting dari suatu make up tersebut untuk menentukan apakah produk tsb palsu atau tidak. Ciri-cirinya adalah sbb: 

1. Eyeshadow yang dijual menawarkan banyak warna di dalamnya

MAC atau brand terkemuka lainnya SELALU menjual eyeshadow satuan seperti eyeshadow di bawah ini.


Memang ada satu kesempatan di mana mereka menjual eyeshadow palette. Tapi CATAT bahwa mereka tidak pernah menawarkan eyeshadow lebih dari 4 warna dalam satu palette. Dan bila memang ada yang lebih dari 4, saya rasa itu hanyalah satu session palette yang termasuk dalam kategori limited edition dan tidak mungkin anda semua bisa mendapatkannya di seller biasa. Bahkan counter pun kadang tidak menyediakannya.
Kalaupun para make up artists memakai banyak sekali eyeshadow dalam satu palette, mereka membeli palette kosong dan mengisinya sendiri. BUKAN LANGSUNG SATU SET

2. Eyeliner dan Mascara dijadikan dalam satu box!

Sepanjang pengetahuan saya, tidak pernah dijual eyeliner dan mascara dalam satu box. MAC dan produk2 terkemuka lainnya cukup tidak murah hati untuk membiarkan pelanggannya membeli dengan harga yang lebih murah daripada membeli satuan. mereka SELALU MENJUAL TERPISAH!!

Tentunya kalau anda semua melihat yang satu box yang seperti ini, sudah tahu kan artinya?


3 comments:

  1. waw.. thx bunda... informasi ini sngat mmbntu sekali.. :-)

    ReplyDelete
  2. bagaimana jika mrk NYX untuk paletnya??
    apakah ini bagus untuk digunakan?
    dan apakah ada yg palsu juga ?

    ReplyDelete
  3. assalamualaikum bunda
    terima kasi buat infonya,, kebetulan saya reseller jual alat2 perawatan wanita,, infonya sangat bermanfaat untuk saya
    mungkin bunda ada referensi suplier yg jual alat2 make up asli ? trimakasi ya bunda :)

    ReplyDelete